MANFAAT DAGING KERANG

Manfat Daging Kerang
==================







Kerang air tawar merupakan santapan lezat yang bisa di buat obat seperti Obat Titan Gel dan banyak digemari masyarakat Indonesia. Di beberapa daerah, kerang air tawar berukuran kecil disebut sebagai kermis. Sedangkan yang berukuran lebih besar dan bercangkang hijau disebut sebagai kijing. Daging kerang air tawar yang kenyal dan gurih merupakan salah satu alasan mengapa hewan bercangkang ini sering diolah menjadi aneka santapan lezat. Sayangnya, belum banyak yang tahu jika selain dapat dijadikan lauk-pauk, daging kerang air tawar juga bisa dijadikan ramuan obat, misalnya saja ramuan tradisional Cina.

Masyarakat Cina menyebut kerang air tawar sebagai Bang Fen. Ketika dimanfaatkan sebagai obat, kerang air tawar akan diolah sedemikian rupa sehingga bersuhu dingin dan memiliki rasa asin. Kandungan kimia yang masih bertahan dalam kerang setelah pengolahan adalah protein dan asam amino. Adapun manfaat daging kerang air tawar menurut pengobatan Cina antara lain,  mengatasi dahak, menjaga  suhu tubuh, menyembuhkan luka dan bisul, muntah, sakit perut, eksim, serta batuk karena retensi cairan.

Untuk mendapatkan khasiat kerang air tawar ala pengobatan Cina ini, Anda perlu mencuci bersih cangkang kerang air tawar. Setelah itu, keringkan. Jika sudah, tumbuk hingga halus dan masukkan dalam kapsul. Untuk pengobatan luka dan gatal, pemakaian dengan cara dioleskan lebih dianjurkan. Nilai lebihnya lagi, ramuan tradisional Cina ini aman untuk ibu hamil.





Selain berkhasiat menurut ramuan tradisional Cina, daging kerang air tawar juga memiliki khasiat jika dikonsumsi secara langsung. Hal ini dikarenakan kandungan dalam daging kerang air tawar yang sangat lengkap, seperti : yodium, Asam Lemak Omega-3, Magnesium zinc, zat besi, selenium, kalium, Vitamin A, Vitamin E, Vitamin B12, Protein. Adapun khasiat dari hewan bercangkang ini antara lain :
1. Mencegah Osteroporosis

Osteoporosis merupakan penyakit yang disebabkan oleh pengeroposan tulang. Banyak yang beranggapan jika osteoporosis hanya akan menyerang orang yang sudah lanjut usia. Padahal, penyakit tulang ini juga dapat menyerang orang yang masih muda sekalipun.

Osteoporosis tak bisa Anda anggap sebagai penyakit sepele. Penyakit ini harus dicegah sedini mungkin agar tak mengganggu aktivitas Anda di kemudian hari. Salah satu cara mencegahnya adalah dengan mengkonsumsi daging kerang air tawar. Hal ini dikarenakan daging kerang mengandung kalsium yang sangat baik untuk menjaga kepadatan tulang.
2. Mempercepat Penyembuhan Luka

Terkadang tubuh mendapatkan luka secara tak sengaja seperti luka gores ataupun luka benturan. Anda tak perlu khawatir jika hal semacam ini terjadi pada tubuh Anda karena kandungan seng dalam daging kerang air tawar dapat mempercepat penyembuhan luka. Tak hanya itu, kandungan protein dalam daging kerang juga akan membantu proses regenarasi sel berlangsung lebih cepat.
3. Mencegah Terjadinya Infeksi

Selain dapat mempercepat penyembuhan luka, kandungan seng dalam daging kerang air tawar juga dapat mencegah terjadinya infeksi karena dapat menguatkan sistem kekebalan tubuh.
4. Menjaga Kesehatan kulit

Khasiat daging kerang air tawar lainnya adalah untuk menjaga kesehatan kulit. Hal ini dikarenakan kandungan asam lemak Omega- 3 dan Vitamin E  pada kerang yang sangat baik untuk menjaga elastisitas kulit, menyamarkan noda dan juga menyehatkan kulit.
5. Meningkatkan Kesehatan Jantung

Jantung merupakan salah satu organ tubuh yang harus  dijaga kesehatannya. Salah satu cara untuk menjaga kesehatan jantung adalah dengan mengkonsumsi daging kerang air tawar. Hal ini dikarenakan dalam kerang air tawar terkandung omega 3 yang sangat baik untuk mengurangi kadar kolesterol dalam darah. Jika kolesterol dalam darah menurun, kinerja jantung juga akan lebih ringan sehingga kesehatannya lebih terjaga.
6. Sumber Protein

Seperti halnya khasiat daging lainnya, daging kerang air tawar juga berguna sebagai sumber protein. Jika protein terpenuhi, maka metabolisme akan berlangsung dengan baik. Tak hanya itu, pemenuhan asupan protein berarti memastikan suplai asam amino ke otak sehingga pikiran akan menjadi lebih fokus.
7. Meningkatkan Vitalitas Pria

Manfaat daging kerang air tawar yang sering diincar adalah kemampuannya untuk meningkatkan vitalitas pria. Tak hanya mampu menambah stamina saja, mengkonsumsi daging kerang air tawar secara teratur juga dipercaya meningkatkan gairah. Hal ini dikarenakan protein yang tinggi pada daging kerang mampu meningkatkan hormon progesterone. Peningkatan rogresteron inilah yang kemudian mampu meningkatkan libido sehingga mempengaruhi gairah pria.
8. Meningkatkan Kekebalan Tubuh

Kandungan Seng, Selenium dan juga protein dalam daging kerang air tawar dapat meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Protein akan mempengaruhi kinerja hati untuk menetralisir racun. Seng akan membantu tubuh melawan kuman penyebab infeksi. Sedangkan selinium akan berfungsi layaknya antioksidan yang menangkal radikal bebas.

Komentar